1. Apa itu SP4N-LAPOR!?

SP4N LAPOR. Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) atau dikenal dengan SP4N-LAPOR adalah Aplikasi Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional menggunakan aplikasi LAPOR!.

 2. Bagaimana cara mengakses SP4N-LAPOR!?

  1. LAPOR! dapat diakses melalui:
    www.lapor.go.id
  2. SMS 1708
  3. blog.lapor.go.id
  4. Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat
  5. Twitter: @LAPOR1708
  6. Instagram: @LAPOR1708
  7. YouTube: LAPOR1708
  8. Aplikasi – mobile apps.

3. Bagaimana cara melapor di SP4N-LAPOR!?

Berikut cara membuat pengaduan di situs lapor.go.id:

  1. Isi kolom Judul Laporan dengan permasalahan atau keluhan yang ingin disampaikan Kemudian, tulis kronologis kejadian yang dikeluhkan pada kolom Isi Laporan
  2. Tulis Tanggal Kejadian pada kolom yang disediakan
  3. Sebutkan Lokasi Kejadian tempat terjadinya pelayanan publik yang dikeluhkan Pilih instansi di mana aduan ditujukan
  4. Tambahkan kategori laporan Lengkapi aduan dengan lampiran bukti pendukung, seperti gambar, dokumen, atau video Jika dibutuhkan
  5. Anda dapat memilih untuk melaporkan sebagai anonim atau membuat laporan bersifat rahasia
  6. Klik Lapor.
  7. Setelah laporan dikirimkan, dalam 3 hari, laporan Anda akan diverifikasi dan diteruskan kepada instansi berwenang.
  8. Dalam 5 hari, instansi akan menindaklanjuti dan membalas laporan.
  9. Anda dapat menanggapi kembali balasan yang diberikan oleh instansi dalam waktu 10 hari.

 4. Apa itu Pengaduan?

Pengaduan adalah penyampaian keluhan terhadap pelayanan publik di instansi pemerintah karena tidak sesuai standar pelayanan, mengabaikan kewajiban, dan atau melanggar aturan.

 5. Apa itu  Aspirasi?

Aspirasi adalah penyampaian masukkan terkait pelayanan publik untuk meningkatkan kualitas pengelolaan pelayanan publik di Indonesia.

 6. Apa itu Permintaan Informasi?

Permintaan Informasi adalah  penyampaian permintaan detail informasi yang bersifat umum dan berkaitan dengan pelayanan publik.

 7. Bagaimana cara melapor yang baik?

Agar laporanmu dapat diterima dan ditanggapi, maka kamu perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini. Pertama uraikan pokok permasalahan secara jelas,lengkap, dan runut sesuai kronologinya. Sebutkan waktu dan tempat kejadian dalam laporan. Lampirkan bukti pendukung apabila tersedia.

 8. Bagaimana cara melihat laporan kita?

Masuk ke laman www.lapor.go.id dengan akun yang sudah didaftarkan. Klik tab Laporan, kemudian pilih Laporan Saya.

 9. Bagaimana cara merespon laporan kita?

Masuk ke laman www.lapor.go.id dengan akun yang sudah didaftarkan. Klik tab Laporan,  pilih Laporan Saya, klik Tindak Lanjut,  kemudian klik Komentar.

 10. Bagaimana cara menutup laporan kita yang sudah ditindaklanjuti?

Masuk ke laman www.lapor.go.id dengan akun yang sudah didaftarkan. Klik tab Laporan,  pilih Laporan Saya, kemudian klik Tutup.

 11. Bagaimana cara memberikan feedback?

Setelah laporan ditutup, makan akan muncul permintaan untuk memberikan rating kepuasan atas tindak lanjut laporan pengaduan (berupa simbol bintang).