bupati dan wakil bupati tabanan

Bupati Tabanan Hadiri Undangan Upacara Pengabenan Masal di Sudimara

Tabanan PR - Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., menghadiri undangan dalam rangka Upacara Pitra Yadnya Ngaben Masal Desa Sudimara yang dilaksanakan di Banjar Adat Kalanganyar, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Jumat (31/12).

Bupati Sanjaya pada kesempatan itu didampingi Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga, Sekda dan OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat Tabanan beserta unsur Muspika Kecamatan Tabanan, Perbekel, Bendesa Adat dan tokoh masyarakat setempat.

Kepada masyarakat, Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi dan menyambut baik terselenggaranya Upacara Pitra Yadnya Ngaben Masal Desa Adat Sudimara. Menurutnya, hal ini sangat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat, khususnya di Desa Sudimara. “ Kegiatan ini sudah dilakukan dengan tulus ikhlas, dilihat dari sarana, sesandon, dan tata titi susila yang baik dan sesuai Sastra,” ujarnya.

Lebih lanjut, konsep ngewangun karya ini juga dikatakannya sangat baik. Bupati Sanjaya sangat bangga dan berharap hal ini tetap dijaga dan lebih ditingkatkan kedepannya. “Saya mewakili Pemerintah Daerah memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap panitia, menggala karya dan semeton semua yang sudah saling asah, asih, asuh membuat sebuah konsep karya puniki.” Sambungnya.

Selebihnya Ia juga berharap, kegiatan seperti ini terus digalakkan, terutama kepada masyarakat yang belum bisa melaksanakan pengabenan setelah 10-15 tahun lamanya ataupun lebih. Apalagi Ngaben masal mempunyai makna dan tujuan yang sama dibanding Ngaben secara pribadi. Disamping itu, juga mampu meningkatkan persatuan dan semangat gotong-royong antar warga.

Mengingat kegiatan ini dilaksanakan dalam masa pandemi, Ia juga sangat mengapresiasi karena pihak panitia tetap taat menerapkan protokol kesehatan yang ketat selama pelaksanaan kegiatan Ngaben Masal ini. “Tanpa konsep kebersamaan dengan persatuan dan gotong-royong tidak mungkin karya ini bisa diwujudkan.” tegas Bupati Sanjaya.

Pada kesempatan yang sama, I Made Marya, S.Pd, selaku ketua panitia menjelaskan Upacara Pitra Yadnya Pengabenan Masal ini diikuti oleh 17 Sawa, 71 Ngelangkir, dan 4 Ngelungah. Pengabenan masal ini dilaksanakan sebelum Karya Agung Mamungkah Mupuk Pedagingan Malaspas Ngenteg Linggih, Ngusaba Dalem Pujawali Mapadudusan Agung Manawa Ratna Tawur Walik Sumpah Madya di Pura Dalem, Pura Prajapati dan Pura Beji, yang jatuh pada rahina Tilem Sasih Karo, 26 Agustus 2022 mendatang. @prokopimtabanan,-

0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Tabanan