bupati dan wakil bupati tabanan

Meninjau Potensi Unggulan Desa, Bupati Tabanan Berkantor di Desa Buruan

Tabanan PR – Berkantor dari Desa; Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya S.E., M.M, memenuhi komitmen untuk lebih dekat mendengar aspirasi masyarakat serta melihat potensi unggulan dari setiap desa, sebagai bentuk perhatian langsung dari Pemerintah Kabupaten Tabanan, Rabu (15/12).

Berkerja langsung dari Gedung serba guna Desa Buruan, sekaligus memberikan bantuan secara simbolis bagi masyarakat desa yang terdampak Covid-19. Nampak hadir mendampingi Bupati saat itu, Sekda, Asisten 2, Kabag Umum dan Kabag Prokopim, Camat Penebel, Bendesa Adat dan Bendesa Dinas Buruan, serta OPD terkait dan tokoh masyarakat setempat.

Meskipun tiba di lokasi dengan cuaca hujan, Bupati Sanjaya dengan penuh semangat menyapa langsung masyarakat Desa Buruan yang sangat antusias menyambut kunjungan kerja Pemkab Tabanan. Kunjungan kerja ini sebagai bentuk program kerja Pemerintah dalam melihat potensi desa sekaligus mendukung program pembangunan yang ada di desa.

Melihat langsung keinginan masyarakat, Bupati Sanjaya menekankan bahwa di 113 desa yang tersebar di Tabanan pastinya memiliki potensi dan keunggulan yang berbeda. Mulai dari desa yang agraris, unggul di sektor perkebunan, pertanian hingga pariwisata. Oleh sebab itu, kunjungannya ke Desa Buruan dilakukan untuk melihat secara langsung apa yang menjadi keinginan masyarakat. Salah satunya ialah pembangunan infrastruktur dan pembangunan sampah TPS3R berbasis sumber.

Pemkab Tabanan dalam hal ini, senantiasa mendukung keinginan Desa Buruan dengan pengembangan infrastruktur jalan. Kunjungan kerja Bupati Sanjaya kali ini juga dalam rangka meninjau pengerjaan aspal jalan hotmix Buruan – Cepik. Perkembangan di Desa Buruan, bagi Sanjaya, sudah sangat maju dan memuaskan. Ia melihat sudah ada Bumdes, menerapkan TPS3R, serta perilaku masyarakat yang sudah menjalankan kebersihan dengan baik. Untuk itu, Pemkab Tabanan sangat mengapresiasi hal tersebut dengan memberikan sertifikat untuk Desa Buruan, atas prestasi dalam menerapkan hidup bersih.

“Salah satu asta program yang kita kerjakan dan laksanakan dalam 5 tahun kedepan termasuk memaksimalkan desa presisi. Adalah melihat potensi unggul masing-masing desa, Dalam rangka menjalankan Visi Tabanan menuju Tabanan Era Baru, yang Aman, Unggul dan Madani, yaitu dari hulu, tengah dan ke hilir, artinya saling terintegrasi dan berkesinambungan, secara semesta berencana” Pungkas Sanjaya. Sesuai dengan ajaran Trisakti Bung Karno yaitu berdaulat secara politik, berdikari secara ekonomi dan berkepribadian dalam kebudayaan.

Lebih lanjut ia juga berharap, kedepannya Desa Buruan bisa menuju Desa Digital. “Di sini saya lihat Desa Buruan sudah sangat luar biasa, ada Bumdesnya ada TPS3R, jalannya sudah bagus, semua sudah bagus, saya atas nama Pemkab ucapkan terima kasih banyak karena telah melakukan pembangunan dengan baik. Ketika harmoni antara pemerintah dan masyarakat bisa berjalan, apa yang menjadi kehendak atau keinginan pasti kita akan penuhi. Saya juga harap untuk desa buruan agar segera bisa menjadi desa digital, karena akan sangat dimudahkan masyarakatnya, terkait informasi tentang sampah atau bumdes, bisa kita akses secara digital bumdes melalui akses digital bisa kita lakukan dari rumah”. ungkapnya.

Senada dengan harapan dan keinginan Bupati, Kepala Desa Buruan juga menyampaikan ungkapan terima kasih atas perhatian dan dukungan pemerintah dalam memajukan infrastruktur pembangunan jalan. Serta berkomitmen untuk menjaga dan memelihara fasilitas yang disediakan, dengan menerapkan budaya tedun bagi masing-masing warga Desa Buruan. @prokopimtabanan,-

0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Tabanan