bupati dan wakil bupati tabanan

Pemkab Tabanan Dukung UMKM Tabanan Bersaing di Perdagangan Global

Tabanan PR – Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M, menerima kunjungan Tim Access To Market National Support for Local Investment Climate (NSLIC) / National Support for Enhancing Local and Regional Economic Development (NSELRED) Project dalam acara pemaparan aksi investor, di ruang rapat lantai 3 Kantor Bupati Tabanan, Rabu (15/12).

Kegiatan ini turut hadiri Staf Ahli Menteri Bidang Hubungan Antar Lembaga Kemendesa,  Sekda, Para Sisten Sekda, Kepala OPD terkait, Direkrut Perumda Dharma Santika dan Ketua Bumdes Sri Sedana, serta Tim NSLIC dan NSELRED dan para investor.

Sebagai daerah agraris, kabupaten Tabanan banyak menghasilkan produk unggulan yang sangat memerlukan dukungan untuk mendapat akses pasar, oleh sebab itu, diperlukan langkah-langkah untuk memaksimalkan potensi unggul tersebut.  Kegiatan ini membahas terkait penandatanganan kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan Direktur PT Dwitama Global Persada dan Project Director NSLIC/NSELRED tentang Peningkatan Akses Pasar Internasional untuk pelaku UMKM di Kabupaten Tabanan.

Bupati Sanjaya dalam hal ini mengapresiasi perhatian pemerintah pusat, melalui kementerian desa PDTT serta kementerian PPN/Bappenas atas terselenggaranya proyek NSLIC/ESELRED melalui skema responsive innovation fund (RIF) tersebut. Ia sekaligus berharap dua produk unggulan Kabupaten Tabanan, yakni Beras Organik Pertiwi dan Kopi Robusta Leak yang telah terpilih sebagai salah satu dari 13 produk unggulan Provinsi Bali dapat menunjukkan keistimewaan dari segi kualitas (cita rasa), proses pengolahan, kontinuitas dan kemasan produk.

Langkah yang perlu diperhatikan tentunya terhadap produksi (Development product) Distribusi (distribution), pemasaran (trading). Dukungan dari semua pihak dalam upaya menciptakan iklim yang kondusif baik dari segi infrastruktur, pemasaran, persaingan usaha, jaminan kualitas produk serta kesinambungan produksi.

Bupati Sanjaya menyampaikan dukungan Pemerintah kabupaten Tabanan terhadap bangkitnya UMKM dalam merevitalisasi diri mengikuti perkembangan teknologi. Sebab, semangat produksi UMKM akan menggiat apabila melihat kesempatan pasar yang terbuka dan pasti bagi produk mereka. Oleh sebab itu, ia berharap kerjasama dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. “Saya sangat berharap Bapak dan Ibu investor berkenan untuk mengunjungi UMKM kami” lanjut Bupati Sanjaya.

Bersinergi dengan Pemkab, pihak NSLIC meminta bantuan Pemerintah Tabanan untuk menyiapkan daftar UMKM yang unggul dan siap untuk ekspor. Sehingga program yang dirancang mampu membantu UMKM unggul untuk naik kelas, dari UMKM biasa kemudian akan dibenahi organisasi dan pendanaannya sampai benar-benar siap untuk ekspor.

Memenuhi gagasan tersebut, Bupati Sanjaya berharap UMKM nantinya dapat maju sehingga memiliki daya saing di perdagangan global, sesuai dengan Visi Tabanan Nangun Sat Kerthi Loka Bali, melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana Menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani.

“Semoga MOU yang telah dan akan kita tanda tangani bersama, dapat segera ditindak lanjuti dalam bentuk perjanjian kerjasama, sehingga manfaat dari kesepakatan ini dapat segera dirasakan oleh masyarakat khususnya UMKM di kabupaten Tabanan” tutupnya. @prokopimtabanan,-

0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2022 Pemerintah Kabupaten Tabanan