Pemkab Tabanan Dan Forkopimda Siap Sukseskan Vaksinasi Usia 6-11 Tahun

Tabanan PR – Sebagai langkah penting dalam menekan kenaikan kasus penularan Covid-19 di kalangan anak sekolah, terutama menjelang Nataru (Hari Raya Natal dan Tahun Baru), Kick 0ff vaksinasi serentak untuk anak usia 6-11 tahun resmi dibuka oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E.,M.M, Rabu (15/12).

Diselenggarakan di SDN 1 Dajan Peken Tabanan, acara yang berlangsung dengan memenuhi protokol kesehatan yang ketat tersebut, dimulai pada pukul 09.00. Dengan dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, Sekda, Jajaran Forkopimda, Asisten 2, Kepala Dinas Kesehatan, Camat, Kepala Sekolah, dan OPD Terkait, serta para siswa yang antusias mengikuti vaksinasi.

Kegiatan Vaksinasi serentak untuk anak usia 6-11 tahun ini merupakan program Presiden Republik Indonesia dan Pemerintah Provinsi Bali yang dilakukan serentak di seluruh puskesmas di Indonesia. Dengan sasaran sekitar 29.929 atau hampir 30.000 peserta, sesuai dengan data dari Disdik, dan dengan target vaksin selama 2 bulan. Jenis Vaksin yang diberikan ialah jenis Sinovac, yang dinilai sangat aman untuk anak-anak, sesuai dengan anjuran WHO.

Bupati Sanjaya sangat mengapresiasi antuasiasme masyarakat dalam melakukan vaksin, dan juga sinergitas yang kuat dari Pemerintah Kabupaten Tabanan, beserta Jajaran Forkopimda, TNI, Polri dan tentunya Tenaga Kesehatan dalam mendukung kegiatan vaksinasi di masyarakat.

“Kami di Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan jajaran FORKOPIMDA sangat siap melaksanakan himbauan dari Bapak Presiden serta Bapak Gubernur bahwa hari ini ada kick off serentak. Kami sudah siapkan 25.000 lebih vaksin Sinovac, kita sangat siap, bukan hanya di sekolah tapi kita juga laksanakan diseluruh PUSKESMAS yang ada di Tabanan, kita siapkan ada 298 SD dan hampir 29.000 sasaran sudah kita bagikan” ujar Sanjaya.

Seiring dengan tujuan pelaksaan vaksinasi, Kadis Kesehatan Berpendapat dengan digencarkannya pelaksanaan vaksinasi untuk seluruh masyarakat dapat meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai varian Covid-19. Dengan diadakan vaksinasi serentak ini diharapkan masyarakat siap untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan buruk yang terjadi,  terutama ancaman virus varian baru Omicron yang sudah menyebar di beberapa negara di asia tenggara.

Lebih lanjut, dengan melandainya kasus kenaikan Covid 19 di Tabanan, Bupati Sanjaya yakin proses vaksinasi akan bisa dilaksanakan lebih cepat dari target. “Saya yakin 1 setengah bulan sudah berhasil, karena semakin cepat vaksin dilaksanakan akan semakin bagus. Buktinya ketika masyarakat Tabanan ini sudah melakukan vaksin, kasus harian menurun drastis” ungkapnya. Keberhasilan ini juga pastinya didukung oleh antusiasme masyarakat sendiri. “Saya yakin vaksinasi ini dapat berjalan lancar dan sesuai dengan target yang diberikan melihat antusiasme dari teman-teman tenaga medis, para guru, dan anak-anak juga dengan senang hati mengikuti kegiatan vaksinasi ini” tambahnya.

Dengan meratanya Vaksinasi di masyarakat, Bupati Sanjaya tetap menghimbau masyarakat untuk tidak lepas dari budaya hidup sehat. Dalam hal ini ia juga menegaskan agar masyarakat tetap membekali diri dengan tetap menjalankan 3M (mencuci tangan, menjaga jarak, dan menggunakan masker). Pemkab Tabanan berkomitmen untuk turun langsung ke desa-desa di Tabanan guna melancarkan dan memantau giat vaksinasi masyarakat. @prokopimtabanan,-

0
0
0
s2sdefault