Bupati Tabanan Mengikuti Peninjauan Penanganan Covid-19 di Bali oleh Panglima TNI dan Kapolri

Tabanan PR - Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, didampingi oleh Sekda dan OPD terkait, mengikuti rapat terkait pemaparan situasi terkini perkembangan dan penanganan Covid-19 di Provinsi Bali dalam rangka kunjungan Panglima TNI dan Kapolri meninjau pelaksanaan penanganan Covid-19 di Provinsi, yang bertempat di ruang rapat gedung Wisma Sabha Utama Kantor Gubernur Bali, Minggu (29/8) pagi.

Dalam kegitan yang juga dihadiri oleh Gubernur Bali bersama jajaran Forkopimda Bali dan OPD terkait, Bupati/Walikota atau perwakilan Bupati/Walikota se-Bali tersebut, Wayan Koster selaku Gubernur Bali berserta Kapolri, berkesempatan memaparkan secara umum kondisi terkini dalam perkembangan dan penanganan Covid 19 di Provinsi Bali.

“Dengan pemberlakuan PPKM level 4, Penurunan kasus Covid-19 di Bali sudah mulai mengalami penurunan” Terang Bupati Sanjaya yang hadir dalam pertemuan tersebut. Ia mengakui, di daerah Tabanan, sampai tanggal 28 Agustus 2021 terbilang mengalami angka penurunan yang signifikan. Dengan rincian ; kasus baru harian sebanyak 64 orang dan jumlah sembuh harian 84 orang dengan jumlah total kasus 10.700 orang, total sembuh 9.222 orang (86,19%), kasus aktif sebanyak 1.002 orang dengan jumlah total kematian 476 orang (CFR : 4,45%).

Lebih lanjut, capaian vaksin Covid-19 di Tabanan mulai dari tahap I sebanyak 338.383 orang (105,22%), tahap II sebanyak 159.619 orang (54,16%) dan tahap III sebanyak 2.467 (58,31%) dan stok vaksin masih sebanyak 88.785 dosis. Sampai saat ini masih terus diupayakan percepatan pelaksanaan vaksinasi. Sedangkan untuk penangan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) sampai 7 hari terakhir mencapai sebanyak 1.863 orang, rasi tracing (rasio : 3) dan testing dengan positive rate 365/1.404 (26%), sedangkan treatment yang ditunjukan oleh keterisian tempat tidur Rumah Sakit sudah dibawah 80% bahkan sudah mencapai 51,4%.

“Intinya, kita harus bersama-sama melakukan percepatan penurunan angka penularan dan kematian, di Provinsi Bali dan Tabanan termasuk di dalamnya, sehingga faktor ekonomi di Bali bisa cepat pulih” lanjutnya. Pemkab Tabanan dalam hal ini, tidak berhenti melakukan beragam upaya kolaboratif dalam penanganan Covid-19, mulai dari penyebarluasan informasi bidang penanganan, PPKM dan disiplin penerapan prokes oleh jajaran Forkopimda, OPD, tokoh Agama, Adat dan seniman, melakukan penyekatan secara bergotong-royong, melakukan penegakan disiplin prokes, menyalurkan bantuan beras kepada warga terdampak sampai pembagian masker.

Dalam aksinya, Bupati Tabanan juga selalu menghimbau kepada petugas dan masyarakat serta melakukan penyemprotan/desinfeksi dengan eco enzym pada tempat-tempat umum dan isoter oleh lembaga swadaya masyarakat. Sampai saat ini, pihaknya juga mengupayakan percepatan penduduk yang divaksin bekerjasama dengan jajaran Forkopimda, upaya pelayanan 3T, serta melakukan upaya bersama menekan dampak dari pandemi Covid-19 ini. Karena menurut Bupati Sanjaya, bahwa dalam menangani kasus ini perlu dilakukan kolaborasi dari semua pihak dan bersatu padu melawan pandemi ini. "Pandemi Covid-19 belum berakhir. Mari bersama patuhi protokol kesehatan," pintanya. @humastabanan,-

0
0
0
s2sdefault