Bupati Sanjaya Apresiasi Kemajuan BUMDes Desa Senganan, Penebel

Tabanan - Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE,MM, sangat megapresiasi peningkatan kualitas usaha yang ditunjukan oleh BUMDes Semadi Karya Desa Senganan, Penebel, Tabanan, saat menghadiri grand opening BUMDesa Mart Semadi Karya di jalan Senganan-Keridan, Penebel, Tabanan, sekaligus melakukan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti, Selasa (30/3).

Menurut Sanjaya, visi dan misi pembangunan yang dilakukan BUMDes Semadi Karya sangat selaras dengan visi misi Pemkab yang telah ditetapkan. Sehingga dengan dibukanya BUMDes Mart yang merupakan cabang usaha BUMDes Semadi Karya, sangat berpotensi untuk memajukan usahanya. Karena didukung penuh oleh masyarakat Desa Senganan, bahkan kedepannya sangat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat setempat.

“Kami di Kabupaten Tabanan akan betul-betul fokus dan serius serta tulus membangun Desa yang kita cintai ini. Inilah tujuannya kami mengajak semua jajaran perangkat Daerah yang terlibat nantinya dalam menangani urusan-urusan Desa,” tegas Sanjaya.

Dimana pada kesempatan itu, Bupati Sanjaya didampingi oleh beberapa OPD di lingkungan Pemkab Tabanan, diantaranya, Asisten III, Kepala DPMD, Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Dinas PU, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepala Dinas KB, Camat Penebel, Kabag Kesra dan Kabag Humas beserta beberapa staf.

Lebih lanjut, Bupati Sanjaya megatakan, setiap Desa di Penebel mempunyai potensi dan keunikan daerah masing-masing, apalagi Desa Senganan. Diantara 18 Desa yang ada di Kecamatan Penebel, Senganan dikatakannya memiliki potensi yang sangat luar biasa dan dengan jumlah penduduk terbesar di Kecamatan Penebel.

“Dengan penduduk yang besar, merupakan sebuah potensi yang sangat luar biasa untuk mengembangkan gagasan-gagasan yang ditetapkan di Desa guna mewujudkan visi misi bersama menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM),” ujar Sanjaya.

Untuk itu, Ia meminta, kedepannya segala pembangunan di Desa hendaknya selalu selaras dengan Visi dan misi yang telah ditetapkan Pemkab. Sehingga program-program yang telah ditetapkan dalam visi dan misi tersebut mampu dijabarkan dan diterapkan dengan baik sampai di tingkat Desa dan memberi manfaat serta berdampak positif bagi masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Kegiatan I Wayan Suarta yang juga selaku Ketua BUMDes Desa Senganan, melaporkan, BUMDes Semadi Karya ini telah terbentuk sejak tahun 2014 yang bergerak dalam bidang simpan pinjam yang berasal dari dana Gerbang Sadu.

Karena dalam perjalanannya belum optimal, oleh sebab itu Ia dan pihaknya mengembangkan usaha yang lebih luas sesuai Perdes Desa Senganan. Dijelaskannya, Ia dan pihaknya akan mengembangkan 5 usaha atau 5 divisi. Yakni, Divisi Simpan Pinjam, Divisi BUMDes Mart, Divisi Pertanian dan Peternakan, Divisi Desa Wisata, dan Divisi Pengolahan Air Kemasan.

“Sedangkan saat ini, kami sudah membuka BUMDes Mart. Di dalam BUMDes Mart tersebut terdapat produk-produk lokal, yaitu produk dari UMKM di senganan. Nanti Bapak bisa liat produk-produk lokal yang kami pasarkan untuk memberdayakan masyarakat, khususnya Ibu Rumah Tangga,” ujar Suarta.

Ia berharap, setelah BUMDes Mart ini, Ia dan pihaknya bisa melanjutkan pengembangan Desa Wisata di wilayah Soka, dengan keunggulan area tracking, kamping dan fasilitas lainnya. Semua persiapan dan hal- hal yang berhubungan dengan itu, diakuinya telah dipersiapkan dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut, Ia meminta dukungan dari pihak Pemkab yang dalam hal ini Bapak Bupati dan segenap jajaran yang hadir.

0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Tabanan