Pimpin Apel Gelar Pasukan Hut Satpol PP, Satlinmas dan Damkar, Bupati Sanjaya Meminta Tingkatkan Kinerja Dalam Melayani Masyarakat

Tabanan – Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya,SE,MM meminta perangkat Satpol-PP, Satlinmas dan perangkat pemadam Kebakaran untuk selalu berupaya meningkatkan kinerja dalam melayani masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 yang saat ini melanda Dunia, Indonesia, bahkan Tabanan.

Hal itu diungkapkan Bupati Sanjaya saat memimpin Apel Gelar Pasukan dalam rangka memperingati HUT Satpol-PP ke-71, sekaligus dirangkaikan dengan HUT Satlinmas ke-59, dan HUT Damkar ke-102 Tahun 2021 di halaman depan Kantor Bupati setempat, Senin (8/3).

Turut hadir saat itu Ketua DPRD Kabupaten Tabanan I Made Dirga, Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan, Sekda I Gede Susila, para Asisten dan OPD Terkait di lingkungn Pemkab Tabanan, serta perangkat Satpol-PP, Satlinmas dan Damkar Kabupaten Tabanan.

“Satpol-PP sebagai garda terdepan dalam menciptakan ketentraman dan ketertiban umum di daerah, memiliki peran yang sangat penting. Sehingga, untuk itu harus serta merta meningkatkatkan kinerjanya. Satpol-PP tidak boleh ragu untuk bertindak demi terjaganya ketentraman dan ketertiban di masyarakat, namun tetap harus mengedepankan tindakan persusif,” pinta Sanjaya.

Ia menambahkan, Undang-undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa urusan ketentraman, ketertiban umum dan perlinduungan masyarakat adalah merupakan urusan pemerintah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar. Maka, urusan ini tidak bisa diabaikan karena merupakan pelayanan dasar pemeintah daerah kepada masyarakat.

Pada era-era sebelumnya, lanjut Sanjaya, pegawai yang ditugaskan di satpol PP merasa menjadi orang yang terbuang tetapi tidak demikian halnya saat ini. Sekarang perangkat Satpol PP saat ini dituntut orang-orang yang berdedikasi dan memiliki integritas yang kuat karena sesuai dengan slogan Praja Wibawa, yang artinya Satpol PP menunjukan wibawa Pemerintahan di Lapangan.

Juga Satlinmas, dikatakannya sesungguhnya memiliki peran yang snagt penting di tengah-tengah masyarakat, karena Satlinmas tujuannya dibentuk sebagai satuan pelindung masyarakat terlebih di masa pandemi Covid-19 ini. “Saat ini dilakukan PPKM berskala micro. Ujung tombak pembatasan ini ada di Desa dimana Satlinmas sebagai ujung tombak pondasi disiplin di Desa dan sangat besar perannya dalam mendukung upaya pemutusan penyebaran Covid-19 Di Desa,” pungkas Sanjaya.

Demikian juga halnya pemadam kebakaran, dikatakannya juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya ketika menjalankan fungsi pemerintah daerah dalam memberikan perlindungan kepada masyarakat. Dan saat ini banyak hal yang masih perlu ditingkatkan di bidang pemadam kebakaran.

Ia menambahkan tugas pemadam kebakaran tidak semata-mata memadamkan kebakaran akan tetapi lebih luas lagi, meliputi pencegahan, pengendalian, penyelematan, pengamanan bahan berbahaya dan beracun, kebakaran dan lainnya. Untuk itu, seiring dengan tuntutan peningkatan kinerja, Bupati Sanjaya berharap kedepannya mampu meningkatkan kualitas pelayanan Satpol-PP, Satlinmas dan Damkar kepada masyarakat melalui berbagai upaya.

0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2021 Pemerintah Kabupaten Tabanan