DP. Kota Tabanan Gelar Sabha Desa dan Sabha Yowana di Gedung I Ketut Maria Tabanan

Tabanan – Desa Pekraman (DP) Kota Tabanan menggelar Sabha Desa ke-7 lan Sabha Yowana ke-2, guna memilih/pergantian pengurus serta menentukan progam Desa Pekraman Kota Tabanan 5 tahun kedepan, periode 2019-2023 mendatang, di Gedung I Ketut Maria, Tabanan, Sabtu, (15/12). Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Tabanan DR. I Komang Gede Sanjaya, SE, M.M, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali. Turut hadir saat itu, perwakilan Forkopinda Tabanan, Beberapa anggota DPRD Kabupaten Tabanan, Majelis Madya, Camat, Perbekel dan Tokoh adat serta tokoh masyarakat setempat, juga para peserta Sabha Desa lan Sabha Yowana.

 

Saat itu, Wabup Sanjaya menjelaskan bahwa Desa Pekraman di Bali, khususnya di Tabanan masih lemah jika dihadapkan dengan Hukum Nasional. Disebutkan contohnya adalah Saber pungli, jika dikaitkan dengan hukum Nasional maka Desa Pekraman masih lemah kedudukkannya, sehingga harus dikuatkan melalui Perda, katanya.

 

Wabup Sanjaya juga menyampaikan bahwa sesuai dengan wacana Gubernur bali I Wayan Koster, Desa Pekraman (DP) akan segera dikuatkan melalui Perda menjadi Desa Adat, sehingga kedudukkan Desa Pekraman setara dengan Desa Dinas dan tidak lemah lagi jika terhadap hukum nasional. “Rancangan Perda tersebut sudah dikirimkan kepada seluruh Pengurus Desa Pekraman di Bali. Harapan Tiang, dalam Sabha Desa lan Sabha Yowana ini, apa yang nantinya program yang akan dibuat bisa mengacu pada Perda tersebut nantinya”, tegas Sanjaya.

 

Ditambahkannya juga bahwa, di dalam kegiatan ini siapapun nanti yang akan terpilih nantinya menjadi pengurus Baru periode 2019-2023, agar bisa menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan Pemerintah. Mensinergikan program-program yang telah direncanakan dengan program-program Pemerintah Kabupaten Tabanan. “Berusahalah memilih pengurus yang baik dan penuh wibawa. Desa Pekraman Kota Tabanan harus menjadi Garda terdepan, karena bersinggungan langsung dengan Kantor Bupati Tabanan. apapun pergerakkan di DP. Kota Tabanan harus bisa menjadi contoh yang baik bagi Desa Pekraman lainnya, khususnya di Tabanan”, pesan Wabup Sanjaya.

 

Sebelumnya, Ketua Prawartaka Karya Sabha Desa lan Sabha Yowana DP. kota Tabanan, I Gusti Ngurah  Siwa Genta mengatakan bahwa kegiatan itu diikuti oleh 205 orang yang merupakan perwakilan pengurus Banjar dan perwakilan Pemuda di setiap Banjar di DP. Kota Tabanan. Dan biaya dari kegiatan itu disupport oleh Pemkab Tabanan dan Pemerintah Desa Kota Tabanan, jelasnya. @humastabanan.

0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2019 Pemerintah Kabupaten Tabanan