Wabup Sanjaya Lepas Ratusan KKN Undiknas

Tabanan PR – Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya, melepas ratusan mahasiswa Undiknas Denpasar yang akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang tersebar tersebar di 3 Kabupaten, yaitu Kabupaten Tabanan, Klungkung, dan Karangasem. Pelepasan tersebut dilakukan di Gedung Kesenian I Ketut Maria Tabanan, Kamis (19/12) pagi.

Kegiatan ini sebagai salah satu langkah nyata Undiknas untuk selalu memberikan yang terbaik kepada masyarakat. Pelaksanaan KKN tahun ini kami rancang berbeda dengan pelaksanaan tahun-tahun sebelumnya,” ucap Panitia Pelaksana KKN Undiknas Gusi Putu Lestara Permana dalam laporannya saat itu.

Pada tahun ini dikatakannya selama satu setengah bulan mahasiswa berada di lapangan, diakhir kegiatan diwajibkan membuat keluaran berupa kajian ilmiah maupun produk kreatif. Sehingga ada kerja nyata yang benar-benar berdampak terhadap pemberdayaan masyarakat. “Khususnya yang ada di Kabupaten mitra kami,” ucapnya.

Lanjutnya, dari 853 mahasiswa yang tersebar di 3 Kabupaten di Bali tersebut, diantaranya di Kabupaten Karangasem pihaknya menempatkan mahasiswa di 5 Desa, Di Klungkung sejumlah 8 Desa dan yang terbanyak adalah di Kabupaten Tabanan sejumlah 44 Desa di Kabupaten Tabanan. “Besar harapan kami semoga pelaksanaan KKN ini bermanfaat bagi mahasiswa, bagi masyarakat, terutama dalam pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan,” imbuhnya.

Sementara Wabup Sanjaya menyampaikan bahwa sangat menyambut baik kegiatan ini. Dikatakannya saat ini Tabanan dalam rangka menyambut Karya Agung Pengurip Gumi yang sangat luar biasa sakralnya. “Maka dari itu Saya pilih Kecamatan Penebel sebagai pusat KKN ini dan Desa pendukungnya. Kecamatan Penebel 18 Desa, Kecamatan Kediri 15 Desa dan Kecamatan Tabanan 12 Desa,” ujarnya.

Wabup Sanjaya menjelaskan bahwa Tabanan memiliki 133 Desa dan mayoritas penduduk bekerja pada sektor Pertanian. Wabup Sanjaya menghimbau kepada seluruh mahasiswa yang nantinya akan melakukan  KKN di 44 Desa di Tabanan agar menjalin komunikasi dan koordinasi yang baik dengan masyarakat dan tokoh-tokoh sekitar.

“Tolong adik-adik nanti berdiskusi, berkenalan baik dengan masyarakat ataupun unsur Muspika diantaranya Camat, Kapolsek dan Danramil, serta Perbekel, BPD, Bendesa Adat dan lainnya. Itulah komponen yang nantinya akan adik-adik ajak berinteraksi, bagaimana kita mewujudkan pembangunan Tabanan menuju Tabanan yang Serasi, ujarnya.

Disamping itu Wabup Sanjaya sangat meyakini bahwa mahasiswa yang akan melakukan KKN sudah diberikan bekal berupa bimbingan yang baik oleh para seniornya, sehingga pasti mampu berinteraksi dengan baik. “Saya atas nama Pemrintah Kabupaten Tabanan memberikan apresiasi, penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua unsur terkait di Undiknas karena Tabanan telah dipilih sebagai tempat melakukan KKN,” imbuhnya. @humastabanan,-

 
 
 
0
0
0
s2sdefault
Copyright © 2020 Pemerintah Kabupaten Tabanan