Pemkab Tabanan Luncurkan Program Desa Digital ‘I Luh Mantul’

Tabanan PR – Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali, luncurkan Program Desa Digital dengan Inovasi Luwih Mantap “I Luh Mantul” yang merupakan inisiasi dari Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, dalam rangka mengembangkan Pemerintah yang berbasis digital (Tabanan Smart City).

Disamping itu, diharapkan penerapan program Desa Digital ini bisa memberikan pelayanan yang efektif dan efisien bagi masyarakat, sehingga terwujudnya transparansi pelayanan yang diberikan kepada masyarakat.

Pemkab Tabanan memulai langkah awal program Desa Digital ini di Desa Beraban, Kediri, yang diresmikan pada hari Minggu, (30/6) sore di depan Pasar Tradisional Tanah Lot, Kediri, oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, ditandai dengan membunyikan Sirine atau alat yang menghasilkan bunyi.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementrian Desa PDT, Dr. Suprapedi, M.Eng, salah satu anggota DPRD Kabupaten Tabanan, OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat, Perbekel serta tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat.

Menurut Bupati Eka, dalam rangka mewujudkan Tabanan Smart City, salah satunya harus memulai dari bawah, yakni membangun dan mewujudkan Desa Digital. Bupati Eka mengaku telah mulai mewujudkan hal tersebut melalui Program TCC (Tabanan Command Center) yang intinya menghimpun semua data dan informasi yang ada di Pemerintah Kabupaten Tabanan.

“Demikian juga kami sedang membuat aplikasi baru, yakni ‘Tabanan dalam Genggaman’. Dengan terwujudnya Tabanan dalam Genggaman tersebut diharapkan seluruh masyarakat Tabanan dapat mencari informasi-informasi terkait dengan seluruh potensi yang ada di Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ungkapnya.

Bupati Eka menjelaskan, untuk memberikan pelayanan internet yang luas kepada masyarakat dengan tujuan untuk mempercepat arus informasi sampai ke pelosok Desa. Desa Adat di Tabanan akan terpasang akses Wifi gratis mulai dari bulan September 2019.

Inovasi Desa Digital di Desa Beraban merupakan langkah awal serta langkah yang sangat positif dan merupakan yang pertama di Kabupaten Tabanan. “Mudah-mudahan langkah ini dapat mendorong Desa-desa lain di seluruh Kabupaten Tabanan untuk penerapan Desa Digital,” imbuh Bupati Eka.

Ketua Panitia Acara, Putu Heri Susanta, mewakili segenap masyarakat Desa Beraban mengucapkan terimaksih yang sebesar-besarnya kepada Bupati Eka dan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementrian Desa PDT. Serta mengucap syukur karena telah terwujudnya Desa Digital ini.

“Di era digital saat ini, dimana perkembangan teknologi yang begitu pesat dan untuk mengimbangi hal tersebut Desa dituntut agar mampu berinovasi dalam segala bidang.

Pihaknya berharap, dengan menyediakan dashboard www.iluhmantul.debest.co.id dan aplikasi mobile serta image informasi yang dapat didownload oleh warga secara gratis ini dapat menjadi sebuah media yag sangat positif bagi pembangunan dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Beraban, serta bisa menjadi contoh bagi Desa lainnya di Tabanan. “Sehingga dapat meningkatkan semangat dan motivasi dalam membangun Desa menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan bahwa menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah karena bisa di download melalui Android. Bisa di login dengan nomor Kartu Keluarga atau Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan password 123456. Dan aplikasi ini dikatakannya sangat mempermudah perangkat Desa dalam upaya memberikan informasi kepada masyarakat, baik itu informasi tentang keuangan Desa, BPJS, BUMDes, dan lainnya.

“Selain itu, aplikasi ini dapat mempermudah perangkat Desa kalau membuat laporan bulanan serta memberikan informasi bagi masyarakat yang sudah dan belum terdaftar dalam BPJS kesehatan,” sambungnya. @humastabanan,-

 
 
 
0
0
0
s2sdefault